wajib belajar 12 tahun
wajib belajar 12 tahun

Wajib Belajar 12 Tahun di Indonesia – Perkembangan zaman yang semakin canggih menuntut manusia untuk semakin berkembang. Tingkat intelektual pun diuji manakala teknologi semakin canggih. Sumber daya manusia di Indonesia harus dapat mengikuti perkembangan global agar tidak tertinggal oleh negara lain. Pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan mencanangkan program wajib belajar 12 tahun di Indonesia. Wajib belajar mulai dari sekolah dasar (SD) selama 6 tahun, sekolah menengah pertama (SMP) selama 3 tahun dan sekolah menengah atas (SMA) selama 3 tahun. Wajib belajar 12 tahun dilakukan guna mencerdaskan dan meningkatkan sumber daya manusia yang semakin hari semakin berkembang. Pemerintah berharap agar sumber daya manusia di Indonesia memiliki pola pikir cerdas yang mampu bersaing dengan dunia luar.

Pemerintah telah membuat undang-undang yang mengatur tentang program wajib belajar selama 12 tahun dan telah diberlakukan sejak tahun 2013/2014. Dengan adanya program pendidikan ini, pemerintah berharap nantinya anak-anak bangsa tidak akan ketinggalan informasi-informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang dan mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern atau semakin maju. Kemajuan dan perkembangan bangsa Indonesia ada di tangan para generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi yang akan membuat negara kita Indonesia tercinta ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

wajib belajar 12 tahun di indonesia
wajib belajar 12 tahun di indonesia

Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun, pemerintah Indonesia secara tidak langsung telah mengurangi jumlah masyarakat yang buta huruf, tidak dapat membaca, serta menulis. Sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang mengalami hal demikian terutama bagi masyarakat yang berada di daerah pinggiran yang jarang tersentuh bantuan pendidikan dari pemerintah. Diharapkan dengan diberlakukannya program ini tidak akan ada lagi masyarakat Indonesia yang mengalami buta huruf. Banyak faktor mengapa masyarakat zaman dahulu banyak yang mengalami buta huruf, sebagian besar masyarakat mengalami ekonomi rendah, mereka lebih memilih untuk mencari nafkah dibandingkan dengan mengikuti pendidikan di bangku sekolah. Menurut pendapat mereka, sekolah hanya membuang-buang waktu dan lebih baik digunakan untuk mencari uang.

Dahulu mayoritas masyarakat yang tinggal di pedesaan tidak mementingkan pendidikan. Mereka hanya mengikuti pendidikan hanya sampai bangku sekolah dasar (SD). Hanya dengan bisa membaca, menulis dan berhitung saja merupakan bekal hidup yang cukup bagi mereka. Mereka mempunyai keyakinan bahwa usaha yang cukup keras akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup untuk menyambung hidup mereka. Selain itu faktor lainnya adalah kurangnya dukungan dari pemerintah akan pentingnya pendidikan. Orang dengan ekonomi rendah tidak akan mampu untuk melanjutkan sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi, rata-rata hanya sampai SD dan paling tinggi yaitu SMP. Hal ini disebabkan oleh biaya pendidikan yang lumayan mahal, sehingga tidak dapat dijangkau oleh masyarakat dengan ekonomi rendah.

Sangat berbeda dengan saat ini, pemerintah sangat mengupayakan pentingnya pendidikan. Banyak bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah untuk seluruh warga Indonesia terutama untuk masyarakat yang kurang mampu. Bantuan pendidikan ini juga tersebar secara merata bahkan sampai daerah-daerah terpencil di Indonesia. Pemerintah memberikan biaya gratis untuk menunjang program wajib belajar 12 tahun yang telah diberlakukan saat ini. Pemerintah sangat mengupayakan pendidikan di negara ini, namun masih banyak anak-anak di Indonesia yang tidak memanfaatkan keuntungan ini, banyak siswa yang bolos sekolah, tidak menghargai guru dan melakukan kenakalan remaja lainnya.

Ini merupakan tugas orang tua untuk ikut andil dalam mendidik anak dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Memilih sekolah juga perlu dilakukan agar anak tidak salah memilih teman dan terjerumus pada kenakalan remaja saat ini. Fasilitas sekolah yang lengkap dapat menunjang anak dalam proses belajar, pilihlah sekolah yang mengadakan berbagai macam kegiatan positif agar anak memiliki kesibukan setiap hari. Al Ma’soem Islamic Boarding School adalah sekolah yang tepat untuk menyekolahkan putra putri Anda. Terdapat berbagai macam fasilitas dan ekstrakurikuler sebagai wadah mengembangkan bakat yang dimiliki putra putri Anda.

Untuk Informasi lebih lanjut klik website resmi : http://almasoem.sch.id/

Iklan